Senin, 25 Maret 2013

Manfaat Buah dan Sayur



APA SIH MANFAAT BUAH PEPAYA??
PINGIN TAHU??



Papaya disebut juga kates. Papaya banyak sekali tumbuh di daerah Malang Selatan khususnya daerah Turen.

Namun demikian,bukan berarti pohon papaya  tidak dapat hidup dan berbuah di daerah lain. Hanya saja,disana banyak orang berkebun khususnya papaya sehingga hasilnya melimpah dan dikirim keluar daerah sebagaimana apel dari batu. Buah papaya  yang masih mengkal (belum matang betul) enak sekali dibuat rujak manis. Adakalanya dipakai sebagai bahan pembuat saus tomat atau sukade (bahan campuran atau penghias kue).

Cara menanam papaya ialah dengan jalan menyemaikan bijinya terlebih dahulu. Setelah tumbuh tunas setinggi 10 cm sampai 15 cm,barulah dipindahkan kelahan yang lebih luas.

Jenis papaya yang terkenal lezat adalah papaya jingga dan papaya Thailand. Buah papaya juga lazim juga dimakan bersama air jeruk nipis.

Buah papaya banyak  mengandung vitamin A dan vitamin C. vitamin A pada umumnya berguna untuk kesehatan mata,khususnya untuk mencegah penyakit skorbut yaitu gusi berdarah. Vitamin C juga berguna untuk pertumbuhan gigi bagi anak-anak dan remaja serta menurunkan panas dan mencegah kudisan.

Buah papaya juga berguna sebagai pencahar artinya melancarkan buang air besar. Ini besar artinya bagi penderita penyakit wasir atau ambient agar tidak terlalu sakit saat buang air besar dikala penyakit wasir sedang kambuh.

Kalau sering makan daun papaya rebus,terutama yang pahit maka nyamuk kurang suka menggigit kita. Disamping itu,juga mencegah kurang darah. Kegunaan daun papaya yang lain adalah mengempukkan daging. Caranya dengan membungkus daging yang akan kita empukan,misalnya daging kambing dengan daun papaya selama semalam. Niscaya daging tersebut akan empuk dikunyah tanpa mengurangi kelezatannya.



Sumber            : BUKU TUMBUHAN OBAT-OBATAN DAN KEGUNAANNYA

Atik Sri Hartatik._.Kumpulan Resep Jamu Kuno Yang Mujarab.

Iwan Gayu.1991.Buku Pintar Seri Senior.Jakarta: Upaya Warga Negara.

Soewedo Hadiwiyoto.1980. Pedoman Pemeliharaan Tawon Madu._

Suparman Natawijaya.1985. Mengenal Buah-Buahan Bergizi._

_.1981.Ubi-ubian.Jakarta: Lembaga Biologi Nasional-LIPI.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar